IGB Electronica menghidupkan kembali sengketa merek dagang iPhone melawan Apple di Brasil

By | May 19, 2020

Kadang-kadang, bahkan ketika masalah hukum tampaknya selesai, mereka dapat kembali ketika Anda tidak mengharapkannya. Ambil contoh, sengketa merek dagang yang sudah berjalan lama antara Apple dan IGB Electronica.

IGB Electronica adalah perusahaan elektronik konsumen yang berbasis di Brasil, Amerika Selatan. Perusahaan sebenarnya merek dagang nama “iPhone” sejauh 2000, yang jelas tidak cocok dengan Apple ketika tiba saatnya untuk meluncurkan iPhone sendiri beberapa tahun kemudian. IGB Electronica dan Apple menemukan jalan ke pengadilan di mana pertempuran antara perusahaan berlangsung selama bertahun-tahun.

Tetapi pada tahun 2013 sebagian besar aksi terjadi. Pada awal tahun itu, Apple benar-benar kehilangan merek dagang iPhone di Brasil. Tidak mengherankan, Apple mengajukan banding atas keputusan itu, dan kemudian, pada bulan September, Apple memenangkan merek dagang iPhone kembali, yang berarti perusahaan dapat menggunakan iPhone untuk produknya sendiri di wilayah tersebut.

(IGB Electronica dapat menggunakan “iPhone” di Brasil juga.)

Sekarang? Nah sekarang kasus tersebut telah dibawa ke Mahkamah Agung Federal di Brasil (via Tecnoblog, Reddit, MacRumors). Kedua perusahaan telah bolak-balik sejak ini semua dimulai, dengan Apple berusaha mencegah IGB Electronica dari menggunakan iPhone di wilayah tersebut, dan perusahaan elektronik konsumen berusaha untuk mendapatkan kembali klaim eksklusifnya terhadap merek dagang.

IGB Electronica sedang mencoba untuk membalikkan keputusan yang dibuat pada tahun 2018 yang memungkinkan kedua perusahaan untuk menggunakan merek dagang di Brasil dengan gugatan terbaru ini.

Meskipun ini menguntungkan Apple, mungkin saja kali ini tidak. Padahal, sepertinya tidak mungkin semua hal dipertimbangkan.

dilemabesar.com