CEO Spotify mengharapkan Apple untuk ‘membuka’ aplikasi pihak ketiga

By | May 5, 2020

Apple selalu senang untuk membunyikan kekuatan Toko aplikasi dan seberapa banyak hal itu telah membantu pengembang, tetapi itu tidak berarti selalu siap untuk mengadopsi aplikasi pihak ketiga sebagai default.

Apple selalu memegang teguh keyakinan bahwa aplikasinya sendiri, apakah itu untuk aplikasi penjelajahan web stok atau aplikasi surel saham, adalah cara terbaik bagi pengguna iOS untuk mengalami elemen-elemen tersebut di smartphone. Tentu saja, itu tidak menghentikan orang untuk mengunduh aplikasi pihak ketiga sebagai pengganti, tetapi mengaturnya sebagai default bukanlah pilihan (seperti ada di Android). Sudah keluhan keras dari banyak pengguna selama bertahun-tahun, tetapi setidaknya satu CEO percaya Apple mungkin akan membuat beberapa perubahan.

Bloomberg memiliki laporan hari ini, sebuah wawancara dengan Daniel Ek, Kepala Eksekutif PT Spotify. Ek bersikukuh dengan perasaannya mengenai perilaku Apple terhadap aplikasi pihak ketiga, menyebutnya anti persaingan selama bertahun-tahun sekarang. Perusahaan tersebut telah mengajukan keluhan anti-trust terhadap Apple di Uni Eropa. Tapi sekarang, setahun kemudian, Ek percaya bahwa Apple siap untuk “membuka” ide yang memungkinkan pengguna iOS untuk mengatur aplikasi pihak ketiga sebagai default.

Per wawancara:

Dalam jangka panjang, kami berharap Apple akan terbuka.

Kami sangat terdorong untuk bisa sekarang akhirnya menggunakan Siri sebagai cara membangun dukungan suara dan juga tersedia untuk membangun produk untuk Apple TV dan Apple Watch, sesuatu yang belum dapat kami lakukan hingga saat ini.

Namun, Ek juga menambahkan:

Ini bergerak ke arah yang benar, tetapi kami masih memiliki banyak, banyak langkah untuk pergi sebelum “Spotify menganggap Apple” platform yang terbuka dan adil.

Spotify mengajukan pengaduan antimonopoli melawan Apple tahun lalu, dan sepertinya, sejak saat itu, percakapan di belakang layar dengan Apple telah menyarankan bahwa hal-hal dapat berubah di masa depan. Ek tidak memberikan rincian konkret dalam hal ini, tentu saja, tetapi kenyataan bahwa CEO bahkan sedikit optimis bahwa hal-hal mulai berbalik di bidang ini adalah perubahan yang cukup.

Sekarang, perlu dicatat pada bulan Februari Bloomberg dilaporkan saat itu iOS 14 diluncurkan akhir tahun ini, Apple akan membiarkan pengguna memilih untuk memilih aplikasi default mereka sendiri untuk browser web dan email. Laporan itu tidak menunjukkan bahwa Apple akan mengizinkan perubahan prosedur operasi standar ini untuk mencakup aplikasi lain, seperti pengalaman musik stok (yang, saat ini, adalah Apple Music) atau pengalaman peta stok / navigasi (yaitu Apple Maps), tetapi itu menunjukkan bahwa Apple setidaknya bergerak ke arah itu.

Terkait: WWDC 2020 virtual Apple akan dimulai pada 22 Juni

Selain itu, Apple juga dikabarkan akan mengadopsi layanan musik pihak ketiga untuk bekerja dengan HomePod sebagai opsi default.

Seiring dengan rilis iOS 13, Apple memang memungkinkan Siri untuk berintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Spotify dan layanan streaming musik meluncurkan dukungan itu Oktober lalu.

Tidak membiarkan momen berlalu, Ek juga memuji Spotify sehubungan dengan Apple Music, mengatakan bahwa itu adalah “dua kali ukuran” dari kompetisi terdekatnya, dan melihat tiga kali pertunangan.

Dalam berita terkait, Spotify baru saja mengumumkannya melampaui 130 juta pelanggan yang dibayar, dan itu baru saja meluncurkan dukungan Siri untuk aplikasi Apple Watch.

dilemabesar.com